Home. Powered by Blogger.
RSS

DAMPAK TEKNOLOGI

Teknologi adalah suatu cabang antropologi budaya yang berhubungan dengan studi terhadap kebudayaan materi. Hal ini lebih dimaksudkan sebagai proses-proses manusia dalam menangani dan mengendalikan lingkungan fisiknya. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. (Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006: 6).
Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.
Dampak Teknologi di bidang ekonomi adalah :
1. Dampak Positif
Teknologi yang berkembang pesat, baik teknologi informasi, komunikasi, maupun transportasi. Sehingga orang dapat berhubungan melewati batas-batas negara. Lebih lanjut dampak positif teknologi informasi dan komunikasi di bidang ekonomi adalah :
a. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
b. Terjadinya industrialisasi
c. Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi.
Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
d. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
e. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi.
2. Dampak Negatif
Di bidang teknologi terjadi penyalahgunaan fungsi teknologi untuk hal-hal yang melanggar norma, seperti video porno yang direkam via handphone, atau kasus penipuan via internet.
Dampak Teknologi di bidang politik :
a. Timbulnya kelas menengah baru
Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negara Barat. Dapat diramalkan, kelas menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar.
b. Proses regenerasi kepemimpinan.
Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental.
c. Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya regionalisme.
Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. Ditambah dengan kemajuan di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru.
            Pengaruh Teknologi di bidang Budaya :
Dampak positif dari perkembangan teknologi informasi dalam bidang kebudayaan mungkin sudah banyak sekali, dan sering kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari seperti mudahnya mencari informasi pengetahuan di dalam internet, sehingga dapat mengembangkan wawasan dan pemikiran penerus bangsa. Dampak positif lainnya adalah mempermudah masyarakat dunia dalam mengenalkan budaya-budaya mereka yang telah diturunkan dari nenek moyangnya.
                Dimana ada dampak positif, pasti selalu ada dampak negatifnya (semacam pro dan kontra). Tidak sedikit dampak negatif yang disebabkan oleh perkembangan teknologi dan komunikasi kepada generasi penerus bangsa. Contoh paling sederhananya adalah membuat generasi penerus bangsa (generasi muda) malas dalam belajar dan membaca buku di perpustakaan sekolah atau universitas dikarenakan mudahnya mencari informasi dari internet. Dampak yang lainnya adalah banyaknya penipuan dalam dunia maya entah itu penipuan yang kecil hingga penipuan yang besar dan merugikan masyarakat-masyarakat yang terlibat, dan dampak yang paling memprihatikan adalah adanya kasus klaim budaya di beberapa daerah atau beberapa negara yang menimbulkan konflik di kedua pihak negara tersebut yang dapat merugikan kedua negara tersebut.
         Dampak Teknologi di bidang sosial :
Dampak positif dari IPTEK terhadap bidang sosial yaitu,yang pertama mempermudah kita dalam berinteraksi dengan orang lain tanpa harus tatap muka. Dulu kita masih menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh yang memakan waktu lama untuk mendapat balasan. Setelah itu munculah telefon kabel. Dengan menggunakan telefon kabel ini seseorang tersebut sama halnya berbicara langsung dengan orang lain namun tanpa tatap muka. Dengan telefon kabel ini, seseorang dapat berkomunikasi jarak jauh tanpa harus menunggu balasan yang lama. Lalu munculah handphone yang lebih mempermudah manusia untuk berkomunikasi tanpa harus menggunakan kabel. Handphone mudah dibawa kemana-mana karena bentuknya yang kecil dibanding telefon kabel. Setelah itu munculah jejaring sosial yang membantu kita untuk berinteraksi lebih luas lagi dengan orang banyak seperti facebook,twitter,Friendster dan lain lain.
         Dampak positif yang kedua yaitu,mudahnya untuk mendapatkan suatu informasi. Dulu jika ingin mendapatkan suatu informasi atau berita terkini kita akan membeli koran. Namun sekarang kita bisa mengakses berita lewat internet dan kita sudah dapat membaca melalui media online. Masih banyak lagi dampak positif IPTEK dalam bidang sosial tapi tidak menutup kemungkinan bahwa IPTEK memiliki dampak negative.
         Adapun dampak negatifnya yaitu, manusia cenderung bersifat individualis. Dengan berbagai kemudahan yang ada disekelilingnya, seseorang menjadi jarang berinteraksi dengan orang lain secara tatap muka. Sifat individualis menyebabkan hilangnya nilai gotong royong serta tolong menolong antar masyarakat. Dampak negative yang kedua yaitu menimbulkan ketergantungan. Bisa kita lihat di sekeliling kita bahwasannya setiap orang memiliki ketergantungan terhadap teknologi mulai dari penggunaan internet sebagai salah satu media untuk mendapatkan suatu informasi, jual beli barang, menggunakan jejaring sosial untuk berkomunikasi dan lain-lain.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment